Berita

Pemkab Tanbu Terbitkan Surat Edaran Jam Kerja ASN di Bulan Ramadhan

  • Penulis: admin, 25-05-2017 13:25
  • BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menerbitkan Surat Edaran Nomor : 060/111/ORG tentang Penetapan Jam Kerja Bulan Ramadhan 1438 Hijriah / 2017. Surat edaran yang dikeluarkan tanggal 22 Mei 2017 tersebut ditandatangani oleh Plt. Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Ir. Erno Rudi Handoko.

    Surat edaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu  merupakan tindaklanjut dari Surat Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Nomor 20 Tahun 2017 tentang Penetapan Jam Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri pada Bulan Ramadhan yang diterbitkan tanggal 16 Mei 2017.

    Diterbitkannya Surat Edaran tersebut dalam rangka lebih memberikan kenyamanan, kekhusyukan, dan makna bulan Ramadhan bagi karyawan dan karyawati dalam melaksanakan ibadah puasa dengan tanpa mengurangi disiplin dan pelayanan kepada masyarakat.

    Dalam surat edaran tersebut diatur jam kerja ASN Pemkab Tanbu. Selama Bulan Ramadhan, Jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) bakal berkurang. Karyawan dan karyawati di lingkungan Pemkab Tanbu bakal  pulang kerja pukul 15.00 wita atau lebih awal satu jam dari biasanya.

    Sebelumnya, jam kerja ASN Pemkab Tanbu yaitu Senin – Jum’at  masuk kerja pukul 08.00 Wita dan pulang kerja pukul 16.00 wita. Sedangkan  di bulan suci Ramadhan jam kerja ASN mengalami perubahan yaitu Senin – Jum’at masuk kerja pukul 08.00 wita dan pulang kerja pukul 15.00 wita.

    Dalam Surat Edaran tersebut juga mengatur tentang jumlah jam kerja bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau unit kerja yang melaksanakan 5 hari kerja atau 6 hari kerja selama bulan ramadhan harus memenuhi ketentuan 32,5 jam perminggu.

    Selain itu, bagi SKPD yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat agar jam kerja diatur secara khusus oleh kepala SKPD atau Unit Kerja yang bersangkutan dengan memperhatikan intensitas pelayanan.

    Untuk kegiatan Senam Kesegaran Jasmani yang dilaksanakan rutin setiap Hari Jum’at pagi, maka selama bulan ramadhan ditiadakan. Kemudian, ketentuan aturan masuk kerja tersebut hanya berlaku selama Bulan Suci Ramadhan saja.
    (SBM/Relhum)
    Selanjutnya »

    PMI Siapkan 350 Kantong Darah Selama Ramadhan

  • Penulis: admin, 25-05-2017 13:24
  • BATULICIN – Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kabupaten Tanah Bumbu terus berupaya mengantisipasi kekurangan stock darah di Rumah Sakit Umum (RSU) dr. H. Andi Abdurahman Noor.

    Terlebih lagi saat bulan ramadhan ini, PMI sudah mempersiapkan ketersediaan darah melalui aksi donor darah diberbagai Kecamatan bersama pihak Pemerintah Daerah dan PT Arutmin Tambang Batulicin.

    “Sebanyak 350 kantong yang dipersiapkan adalah bentuk antisipasi minimnya ketersediaan darah di rumah sakit. Mengingat selama bulan puasa ini kami tidak ada mengadakan gelar donor darah di berbagai Kecamatan,” kata Ketua PMI cabang Kab.Tanah Bumbu Gusti Hidayat di sela acara donor darah yang digelar Rabu (24/5) diruang Rapat Setda Kantor Bupati.

    Guna memenuhi ketersediaan darah demi kebutuhan pasien di RSU dr. H. Andi Abdurahman Noor Batulicin. Pihaknya mengajak jajaran SKPD Pemkab Tanah Bumbu dan masyarakat agar berpartisipasi menyumbangkan darahnya di kesempatan manapun.

    “Meskipun bukan saat ada gelar donor darah, pihak PMI bersedia dan melayani partisipasi warga yang akan menyumbangkan darahnya baik di kantor PMI maupun Rumah Sakit setempat,” kata Gusti Hidayat.

    Selain itu katanya, pihak Rumah Sakit saat ini sedang mengalami kekurangan darah. Terutama golongan darah A dan AB.

    “Diharapkan melalui gelar donor darah lebih banyak ditemukan jenis dan golongan A dan AB yang menjadi prioritas dan di butuhkan pasien Rumah Sakit tersebut,” jelasnya.

    Di kesempatan yang sama. Kepala Departemen SHE dan Engginering Arutmin Tambang Batulicin Efendi mengatakan pihaknya sangat mendukung kerjasama antara PMI dan Pemerintah Daerah.

    Menurutnya, kerjasama ini adalah merupakan program CSR PT. Arutmin Tambang Batulicin yang berorientasi kegiatan sosial bagi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

    “Kami sangat mengapresiasi di setiap kegiatan itu, sebelumnya kami menargetkan 200 kantong darah ternyata di tiap kegiatan justru melebihi 200 kantong darah,” ungkap Efendi.

    Sementara itu bentuk kerjasama yang sudah terjalin ditandai dengan penyerahan 2 Box darah kepada PMI cabang Kab. Tanah Bumbu melalui program CSR PT. Arutmin Tambang Batulicin. Serta penghargaan Pemerintah Daerah kepada pihak Arutmin.
     (Win)
    Selanjutnya »

    Perusahaan Tambang Peduli Lingkungan

  • Penulis: admin, 25-05-2017 13:24
  • BATULICIN – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2017 dengan tema “Conecting People To Nature”, PT Jhonlin Group mengadakan penyisipan penanaman tanaman lokal dan tanaman spesies anggrek di Areal Pasca Tambang yang terletak di PT Jhonlin Baratama, Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat, Rabu (24/5).

    Acara dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu, PT Arutmin, PT Maju Terus Revitama, PT Gajah Mada, dan PT Trakindo.

    Adapun lahan yang ditanami seluas 2 Hektar, dengan 120 pohon jenis ulin mahoni dan angrek spesies jenis dendrobium di Areal Reklamasi PIT Akasia.

    Dalam sambutanya Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H.M. Idjra’i mengatakan pemerintah daerah mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PT Jhonlin Baratama dan PT Arutmin Indonesia. Dimana perusahaan ini selalu peduli pada lingkungan dengan melakukan penanaman pohon di areal pasca tambang.

    Sementara itu, Mine Maneger PT Arutmin Indonesia, Iwan Sugiarto Kusnadi mengatakan, melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup ini kami dengan seluruh penambang yang ada diwilayah kabupaten tanah bumbu selalu peduli lingkungan yang mana kawasan pertambangan merupakan kawasan yang harus direklamasi pasca tambang dengan melakukan penanaman berbagai jenis pohon sehingga daerah eks tambang kembali pulih dengan hutan hijau.

    Penanggung Jawab Operasional PT Jhonlin Baratama, Sutarno mengucapkan terimakasih kepada seluruh pimpinan perusahan yang berhadir pada acara tersebut.

    “Kami dari PT Jhonlin tidak hanya menambang saja, tapi juga turut peduli terhadap lingkungan dengan melakukan revitasilasi melalui penanaman pohon di areal pasca tambang diwilayah pertambangan ini,” kata Sutarno. (Iwn/MC.Tanbu)
    Selanjutnya »

    Kecamatan Simpang Empat Tanah Bumbu Laksanakan MAD Pertanggung Jawaban Tahun 2016

  • Penulis: admin, 25-05-2017 13:23
  • BATULICIN – Camat Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, Muhammad Sairi, S. AP membuka Musyawarah Antar Desa (MAD) Pertanggung Jawaban Tahun 2016 di Aula kecamatan Simpang Empat, Selasa (23/5).

    Sairi menyampaikan, dengan terpilihnya keanggotaan UPK baru diharapkan membawa angin segar terhadap UPK Kecamatan Simpang Empat, ia juga berharap permasalahan yang terjadi khususnya pertanggungjawaban dapat diselesaikan dengan baik bijaksana.

    “Mohon kiranya kita bekerja sama menyelesaikan permasalahan  yang terjadi,“pintanya.

    Pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan, Ismail, menyampaikan, dengan adanya kepengurusan UPK yang baru diharapkan, pengurus baru dapat bekerja keras untuk keberhasilan bersama.

    Ia juga menambahkan  Badan Kerjasama Antar Desa dan UPK hendaknya bekerjasama bersinergi untuk membangun sebuah kebersamaan, sehingga apa yang di inginkan bisa tercapai

    Tenaga Ahli Kabupaten Suganda menjelaskan, Musyawarah Antar Desa ini merupakan musyawarah yang tertingi didalam BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa), 

    “Seharusnya dalam MAD ini masyarakat banyak yang berhadir, tapi entah kenapa di MAD hari ini tidak ada,  mudahan nanti di MAD tahun berikutnya masyarakat banyak yang berhadir, “ujarnya.

    Hadir dalam kesempatan tersebut,  Kabid Pemerintahan dan Pemberdayaan Ismail, S, Sos, Camat Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu Muhammad Sairi,  S. AP,  Tenaga Ahli Kabupaten, BKAD dan masyarakat kecamatan Simpang Empat
    (norman)
    Selanjutnya »

    Hebat, Juara 1 Tilawah asal Tanbu Wakili Kalsel di PTQ RRI Tingkat Nasional

  • Penulis: admin, 25-05-2017 13:23
  • BATULICIN – Prestasi demi prestasi terus diraih oleh Kabupaten Tanah Bumbu. Baik itu prestasi tingkat Provinsi, maupun prestasi tingkat Nasional. Ini membuktikan kepemimpinan Bupati Mardani H Maming dan Wakil Bupati H. Sudian Noor sangat komitmen untuk mewujudkan generasi yang cerdas, berakhlak mulia, religius, dan berdaya saing.

    Baru-baru ini, salah satu putra daerah Tanah Bumbu terpilih untuk mewakili Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Tingkat Nasional pada Pekan Tilawatil Quran (PTQ) RRI yang akan dilaksanakan 3 – 8 Juni 2017 di Surakarta, Jawa Tengah.

    Putra daerah tersebut adalah Zakaria dari Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu yang sebelumnya meraih prestasi Juara 1 (Satu) Cabang Tilawah di Lomba PTQ RRI ke 48 Tahun 2017 Tingkat Kalimantan Selatan yang diselenggarakan di Auditorium dan Studio Sasro Harjo RRI Banjarmasin pada tanggal 22 Mei 2017.

    “Alhamdulillah, di PTQ RRI, Kabupaten Tanah Bumbu berjaya dengan meraih dua prestasi yaitu Juara 1 Cabang Tilawah atas nama Zakaria dan Juara 3 Cabang Tausyiah atas nama Muhammad Arpian,” kata Staf Ahli Bupati Tanbu, H.M. Thaha, Selasa (23/5) di Batulicin.

    Ia mengatakan, untuk Juara 1 Tilawah mewakili Provinsi Kalimantan Selatan pada Lomba PTQ RRI Tingkat Nasional.

    “Kami mohon doa dari masyarakat Tanah Bumbu, semoga Tanah Bumbu bisa Berjaya dan mengharumkan nama daerah di tingkat Nasional,” kata H.M. Thaha.

    Lomba PTQ RRI Tahun 2017 diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Banjarmasin dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah. Tema PTQ RRI ke 48 Tahun 2017 yaitu “Bersama Dalam Kebhinekaan”.

    Peserta lomba terdiri dari Qori dan Qoriah dari masing-masing perwakilan 13 Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Selatan memiliki minat baca dan memahami Al-Quran serta memiliki kemampuan, mengerti hadist dan kaidah Islam, dan pengetahuan umum lainnya .

    Adapun cabang yang dilombakan Tilawah Al- Quran, Lomba Tausyah, dan Lomba Cerdas Cermat isi kandungan Al-Quran.

    Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan prestasi yang ditorehkan putra daerah Tanah Bumbu tersebut merupakan sebuah prestasi yang membanggakan dan merupakan sebuah kehormatan bagi Kabupaten Tanah Bumbu untuk mewakili Provinsi Kalimantan Selatan di ajang lomba yang sama di tingkat Nasional.

    Kepada yang mewakili Tanah Bumbu itu, Bupati berpesan untuk terus berlatih dan memperdalam ilmu agama. Sehingga Ilmu agama yang diperoleh tersebut bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain sehingga menjadi amal ibadah.

    Ia menambahkan, Kabupaten Tanah Bumbu terus berupaya untuk mencetak generasi yang Qurani yaitu dengan mencetak qori-qoriah dan tahfiz tahfizah agar mampu bersaing diberbagai ajang lomba.
    (Rel/MC.Tanbu)
    Selanjutnya »

    Bupati Minta Hasil Pangan Serba Ikan Menjadi Suguhan Tamu Luar Daerah

  • Penulis: admin, 25-05-2017 13:22
  • BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming meminta menu pangan serba ikan harus menjadi suguhan kepada tamu yang berkunjung ke Kabupaten Tanah Bumbu.

    “Sebagaimana yang diharapkan Bupati,
    hasil olahan pangan dari ikan yang di suguhkan kepada tamu luar memberi kesempatan buat daerah kita untuk memperkenalkan bahwa kita sudah punya terobosan dalam memanfaatkan hasil laut secara kreatif,” kata Kepala Dinas Perikanan Kab.Tanah Bumbu Drs. H. Rahmat HM, M.Pd, saat membuka Lomba Menu Masak Serba Ikan di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Desa Pondok Butun, Selasa (23/5).

    Ia mengatakan, hasil pangan dari ikan itu diharapkan bisa terus berkembang dan harus dipertahankan sebagai ikon daerah sendiri.

    “Selain menjadi ikon daerah, hasil kreatifitas olahan masyarakat itu bisa di kemas secara sehat hingga menjadi barang yang bernilai jual demi tambahan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab.Tanah Bumbu Jurhamin, S.Pt mengatakan saat ini pemerintah gencar melakukan upaya diversifikasi konsumsi pangan.

    Menurutnya, upaya ini dilakukan tidaklah untuk mengganti beras secara total, tetapi mengubah pola konsumsi pangan masyarakat untuk mengkonsumsi lebih banyak jenis atau ragam pangan, baik jenis pangan sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral sehingga menjadikan kualitas gizi menjadi lebih baik.

    “Potensi pangan berbasis sumber daya lokal di daerah kita selain bahan pokok beras sangat besar. Sebab pemanfaatan pekarangan dan produksi ikan yang lebih akan menjadi modal guna meningkatkan kualitas gizi keluarga dan masyarakat Tanah Bumbu,” jelasnya.
    (win)
    Selanjutnya »