Sarigadung Desa Terbanyak Jumlah DPT, Besok, Pilkades Serentak dilaksanakan di Tanah Bumbu

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN – Menjadi bagian pesta demokrasi, pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Tanah Bumbu serentak dilaksanakan, Kamis (19/9/2019). Dari 144 desa, hanya 42 desa yang akan melaksanakan hajatan tersebut.

Kepala Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Bumbu Nahrul Fajeri mengatakan, hingga hari kemarin persiapan pelaksanaan pilkades serentak sudah mencapai 90 persen.

Menurut Nahrul, kesiapan pelaksanaan pilkades dilakukan sejak beberapa hari lalu di antarnya pendistribusian logistik khususnya di wilayah Kecamatan Kusan Hulu. Pendistribusian lebih awal karena ada beberapa desa yang lokasinya jauh.

“Seperti Tamunih dan Batubulan lebih awal pendistribusian, karena desanya jauh,” kata Nahrul kepada banjarmasinpost.co.id, Selasa (17/9/2019) kemarin.

Kecuali untuk desa-desa berada di wilayah perkotaan, terang Nahrul, pendistribusian logistik untuk 40 desa akan dilaksanakan hari ini, Rabu (18/9/2019).

“Jadi kalau secara keseluruhan persiapan sebenarnya sudah 90 persen,” terangnya ditemui di kantor Sekretariat Daerah (Setda) KabupatenTanah Bumbu kepada banjarmasinpost.co.id.

Nahrul tidak menepis, walau ada sedikit kendala terkait pelaksanaan pilkades. Sehingga harus dibicarakan kepada pimpinan di lingkungan Pemkab Tanah Bumbu.

Khususnya salah-satu desa di Kecamatan Kusan Hilir melaksanakan pilkades, terkait soal adanya bebearpa warga yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pilkades.

“Tapi itu, indikasinya sudah kami cek ke lapangan. Benar-benar warga berdomisili di salah-satu desa itu. Makanya hari ini (kemarin) kami menghadap pimpinan. Langkah terbaik apakah melakukan pelaksanaan sesuai jadwal ditentukan, atau ada solusi lain. Desanya desa Pejala,” terang Nahrul.

Menjadi persoalan, tambah Nahrul, jumlah pemilih yang sudah masuk DPT sebanyak 1.059, seharusnya sejumlah 1.100 lebih. Hal itu, karena adanya kesalahan teknis dari panitia pelaksanaan.

“Kami dapat mengetahui itu, setelah kami melakukan sosialisasi ke KPS. Tapi kami optimistis persoalannya selesai,” katanya.

Disinggung dari 42 desa melaksanakan pilkades serentak. Desa Sarigadung yang jumlah DPT terbanyak di Tanah Bumbu yaitu 7.676 pemilih dengan jumlah 8 TPS.

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Saringgadung Desa Terbanyak Jumlah DPT, Besok, Pilkades Serentak Dilaksanakan di Tanahbumbu,

https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/09/18/saringgadung-desa-terbanyak-jumlah-dpt-besok-pilkades-serentak-dilaksanakan-di-tanahbumbu.
Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *